Jumat, 12 Februari 2016

FINALLY SIDANG SKRIPSI ♥

22-01-2016

Bismillah-Alhamdulillah
suatu moment yang didambakan oleh para mahasiswa akhir yaitu LULUS
yeah. kelancaran skripsi dipengaruhi oleh 3 hal : NIAT, LINGKUNGAN dan DOSEN
pertama, pengaruh terbesar dalam kelancaran skripsi adalah niat. kalo emang dari awal uda males ngerjain pasti sulit dan lamaa untuk mencapai lulus. yang kedua, apakah lingkunganmu mendukung ato ngga. lingkungan disini bisa macem-macem bisa dukungan keluarga, temen, pacar, sahabat ato bisa juga dalam bentuk referensi yang ada tentang skripsi kamu, terus tempat penelitian juga. nah yang terakhir dosen,  berbahagialah kamu kalo dapet dosen pembimbing yang WELOCOME banget, yang bisa kasih solusi ato saran dikala pikiranmu buntu. dan jangan bersedih buat kamu yang dapet nya dosen yang very very annoying. suka bikin php lah plin-plan lah, bisanya cuman nyalahin aja tanpa kasih solusi. tapi tenaaang. semua pasti akan berakhir. selain berusaha kamu juga harus berdoa demi kelancaran skripsi kamu hingga akhir. hehe 
(*deuh banyak omong banget yak padahal relaitanya aku yaa molooor pake banget)

yak kembali ke perjalanan skripsiku..
hmm dari awal emang aku uda molor kuliahnya. nilai pada ancuur alhasil aku sering ngulang matakuliah. gatau efek aku salah jurusan ato emang aku yang bego'. hmft . penyesalan ga akan membuahkan hasil kok jadi disyukurin aja lah. 
aku magang di semester 9. dan di kampusku di angkatanku saat itu. mahasiswa harus fokus ke magang dulu baru setelah itu baru boleh lanjut konsul skripsi. jadi yaa beginilah di tambah lagi aku bukan tipe orang yang rajin (rasakan).
jadi aku baru start dengan judul yg fix di bulan februari 2015. lamaaa sekali aku baru bisa seminar proposal. hm entah karena aku takut buat konsul ke dosen ato gimana. yang jelas tiap abis konsul aku menghilang (jangan ditiru). 
daaan beberapa bulan kemudian aku baru bisa seminar proposal.

21 agustus 2015 aku baru bisa melaksanakan seminar proposal. dan pada tanggal itu adalah hari jumat dimana aku percaya JUMAT BAROKAH. amiin.
alhamdulillah seminarnya lancar meskipun dengan banyak revisi. hihi

terus bulan september aku melaksanakan penelitian di salah satu perusahaan yang ada di kota tinggalku. nah setelah penelitian waktunya buat ngerjain BAB 4-5. tapi masya allah lama banget ngga aku kerjain. dirumah kegoda sama ponakan. rasanya pengen banget ngajak maen terus hihi (*alesan)

tanggal 4 januari 2016 (sampe ganti taun ckck -.-) dosen dosen ku meng ACC hasil skripsi ku dan bisa dilanjutin untuk ujian sidang. hmm sekedar kasi tau aja. birokrasi akademikd kampusku agak ribet untuk pengurusan sidang, surat, dll) jadi aku bisa jadwalin sidang di tanggal 22 januari 2016 (lama banget kan)
iyah aku yang ngurus sendiri, nentuin jadwal sendiri, menanyakan jadwal bisa-tidak nya ke 4 dosen dan 1 penguji luar. harus strong banget lah pokoknya!

daaan hari sidang pun tiba 
JUMAT, 22 JANUARI 2016
pukul. 08.45-09.00

(sebelum hari H. 3 hari aku gabisa tidur. dikit dikit bangun. kepikiran takut gabisa jawab pertanyaan dari penguji. takut ga dilulusin. banyak banget parno-nya. apalagi H-1 bener bener ngga tidur beneran!)

sebelum acara ada sedikit masalah. dimana 2 pengujiku uda dateng tepat pukul 08.30 seharusnya jadwal sidangku emang 08.30 tapi karena ada 1 penguji dan 2 dosen pembimbing yang belom dateng jadinya molor 15 menit. dan salah satu penguji yang ontime itu kayak marah gitu. aku gatau kudu gimana uda deg-deg an malah dapet masalah kayak gini. yang bisa aku lakukan cuman berdoa dan pasrah. huh.
pukul 08.45 semua penguji dan pembimbing uda ada di ruangan. presentasi dimulai. hmm sebenernya PPT aku ngga seberapa di hiraukan. yaudalah mungkin mereka fokus ke karya tulisku. dan hal yang paling aku takutin dateng yaitu pertanyaan dari penguji. hmm kalo ditanya apakah aku bisa jawab semua? jawabannya tidak. kalo bisa jawab ya aku jawab kalo gabisa ya berusaha jawab meski gatau itu realistis ato ngga dan kadang diem juga kalo uda mentok hehe. tapi kalo boleh bilang sidang skripsi ngga sehoror waktu seminar proposal. dosen dan penguji baek banget kaya malaikat. beneran ga boong. meski aku gabisa jawab mereka ga menunjukkan wajah serem. hihi

keputusan sidang aku di LULUS kan dengan revisi. aku inget banget ketua pengujiku bilang 
KP : apa misi hidup anda ?
D : membahagian orang tua pak
KP: jadi lulus merupakan cara untuk membahagiakan orang tua ?
D : iya pak
KP : baiklah karena anda ingin membahagiakan orang tua . anda saya luluskan

(spechless)
bingung, ga percaya, brasa mimpi, kaya orang ling-lung :D

(ini temen temen kos aku)

(temen temen kampus yang selalu menyemangati dan temen ngemper bareng kalo nunggu dosen :*)

(ini juga temen kampus yang selalu adaa)

(bunga dari pacarku yang sekarang uda jadi tunangan hihi :*)

(tampang bingung abis sidang kudu nangis-kudu senyum)
(dari temen temen semuaa. makasii ya reek *mwaah)

alhamdulillah wasyukurillah. 

buat kalian yang sedang skripsi atau yang mau menjalankan sidang skripsi. semangat yaa. semua akan berakhir kok. jangan patah semangat dan terus berdoa serta berusaha . good luck :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar